Monday, April 03, 2006

Hujan Sore-sore

Rencananya sih Sabtu sore ini mau ke rumah Anne buat bantuin suprise birthday party dia. Lagian dah cukup lama juga gak ketemu dia dan temen2 lama yang lain. Lumayan juga kan buat acara weekend. Ehh, pas udah mau berangkat, tinggal dandan dikit nihhh, kok langit jadi gelap banget dan gak lama kemudian ujan. Halaahhhh, ada-ada aja nihhh. Kenapa ujannya pas giliran gue mau jalan gini sihh, gak ntar malem aja.

Teringat ucapan sang Guru, gue langsung berenti ngomel, mungkin aja emang gue gak boleh berangkat sekarang tapi nanti aja nunggu reda atau mungkin gak berangkat sekalian karena apa pun yang terjadi sama gue, baik atau buruk, hasilnya pasti baik buat gue. So, gue tinggal tunggu dan liat keadaan aja. Daripada puyeng dan jengkel mulu akhirnya gue ambil buku dan ngerebus air mau bikin Coffeemix. Dah kebayang bau kopi, mantaaappp....

Sambil duduk di teras yang menghadap ke kebun tetangga yang luas itu (wiihh, pemandangan dari kamar kost gue top abis dehhh), Coffeemix panas mengepul, ujan deras dan buku adalah kombinasi yang pas sore itu. Rasanya tuh damai banget, tenang, gak perlu mikir apa2, cuma konsentrasi aja sama apa yang gue baca dan apa yang gue rasain sore itu.

Lagi asik baca, mata gue menangkap ada yang aneh... Pas gue angkat mata dari buku yang gue baca, di hadapan gue banyaaaakkkkkk banget binatang kecil, mirip laron ukuran kecil banget tapi dua kali lebih gede dari nyamuk. Yang jelas gue gak tau itu binatang namanya apa (dasar bloon, padahal itu binatang ada disekitar gue tapi gue gak pernah tau namanya dan liat bentuknya). Binatang2 itu semuanya terbangnya ke atas, teratur banget ritmenya. Mereka kayak tiba2 aja keluar dari tanah kebun tetangga itu, trus langsung terbang ke atas, gak terbang nyebar kemana-mana kayak laron itu.

Dalam hati sih gue mikir, ini binatang kenapa harus keluar sore ini dan pas ujan2 gini ya? Apa sih yang mau ditunjukin ke gue kali ini? Apa sih yang bakal gue dapet ini sore? Gak bisa menemukan jawaban, gue akhirnya cuma bisa liat sambil terkagum-kagum binatang2 yang jumlahnya beribu-ribu itu keluar dari tanah dan terbang ke atas. Kemudian satu persatu ada capung muncul. Di atas sana ada banyak burung juga. Enak banget ya mereka bisa ujan2an sambil terbang sesuka hati. Trus gue baru nyadar kenapa capung2 itu pada keluar, ternyata mereka tidak menikmati hujan, tapi mereka menikmati santapan sore berupa binatang2 kecil tadi.

Seru banget, makin lama capung yang keluar semakin banyak dan mereka bersaing untuk mencaplok binatang2 kecil itu. Gue akhirnya lupa dengan buku gue (tapi kopi tetep dooong diminum, enak siiiihh) dan asik nonton acara flora dan fauna live (who needs teve if we can have this kind of view everyday???). Sementara capung2 itu asik mencaplok, si binatang2 kecil itu juga masih asik terbang, and they kept coming from the ground. Kok mereka gak berenti aja ya keluar dari tanah dan stay di sana daripada dimakanin sama capung dan burung? Kok mereka gak takut ya?

Kenapa mereka bisa tetap setia dengan jalan hidup dan menerima takdir mereka tanpa banyak berpikir atau takut? Kenapa manusia gak bisa sedikit seperti mereka ya? Binatang2 kecil itu sepertinya hanya berkonsentrasi untuk keluar dari tanah karena mereka tau memang saat itu adalah waktu mereka untuk keluar, tidak di dalam tanah. Mereka gak mikir nanti di atas tanah mereka akan mengalami apa atau menjalani situasi yang seperti apa. Mereka cuma menjalani apa yang harus mereka jalani saat itu. Kalo memang mereka dimakan binatang lain ya berarti memang mereka harus mati, tapi kalo gak ya mereka akan tetap terbang ke atas.

Kok gue merasa malu sama mereka ya? Gue banyak takut dengan hal-hal yang ada di depan gue padahal gue gak tau gue akan menghadapi apa. Gue selalu mikirin hal2 yang buruk dimasa depan tanpa pernah bisa berkonsentrasi dengan apa yang gue miliki sekarang ini. So what gitu lohh kalo ketika melangkah gue terjatuh atau terpeleset, kan bisa bangun lagi. Emang kenapa juga gue harus takut sakit hati kalo ternyata dengan sakit hati gue bisa berproses dan berkembang menjadi orang yang lebih baik? Kenapa juga gue harus ragu2 ketika mengambil keputusan dan mikir yang terburuk dari keputusan itu, kenapa gak gue jalanin aja keputusan yang gue ambil itu? Urusan nanti gue happy atau gak itu bisa diurus belakangan.

Gue yakin gue akan bisa jauh lebih bahagia dan lebih bersyukur kalo gue bisa menjalani hidup seperti binatang2 kecil itu menjalani hidupnya. Gue akan bisa fokus dan memberikan yang terbaik untuk orang terdekat gue kalo gue punya pola pikir yang sejalan dengan alam. Gue tau gue akan bisa bahagia dengan apa pun yang gue punya sekarang ini, tanpa perlu terbebani dengan pikiran2 buruk gue sendiri....

1 Comments:

Blogger RatuKama said...

hihihi ..lha kan gini dong ..dibaca pun enak ..lg senang toh.. lg belajar menjadi manusia kan...

7:11 AM

 

Post a Comment

<< Home